Tips Marketing: Selalu Terapkan 5-S dalam menjalankan Bisnis

Tips Marketing: Selalu Terapkan 5-S dalam menjalankan Bisnis

Tidak lama saya menemukan formula 5-S ini. Seharian coba jadi front office, dan melakukan pekerjaan yang memang membutuhkan spirit positif tingkat tinggi. Memang kalo di hotel, bank, atau perusahaan skala nasional pastilah begitu tamu datang akan mendapatkan pelayanan yang super ramah, super sopan, super senyum dan super-super yang lainnya.
Tips Marketing: Selalu Terapkan 5-S dalam menjalankan Bisnis
Menerapkan 5-S (gambar: google)
Memang bisnis apapun sudah seharusnya kita kelola dengan baik. Meski bisnis anda sekarang tergolong usaha kecil, namun tidak ada salahnya menerapkan standar pelayanan yang baik.

1. Senyum

Sederhana saja sebenarnya, saya mulai mengamati kedatangan pelanggan. Apa yang saya lakukan pertama kali adalah Senyum. Padahal sebelumnya abis dikejar-kejar orang bank suruh bayar kredit, hahahha.

ga peduli abis dimarahin, abis diputusin pacar, atau lagi bokek, yang jelas pelanggan BERHAK mendapatkan senyum terindah anda. Maka syarat pertama sebagai karyawan front office : harus bisa senyum!!!

2. Sapa

Harapan kita tentu pelanggan akan membalas sambutan senyum kita, lalu apa yang harus kita lakukan selanjutnya adalah Sapa. Aduhhh senengnya disapa, jadi salah tingkah nih. Kayaknya kalo saya jadi pelanggan pasti sungkan deh untuk tidak membeli. Ya paling tidak pelanggan akan merasa “mabuk” mendapat serangan senyum dan sapa dari karyawan anda. Nah kalo dah mabuk pasti ketagihan, kita tunggu aja dia pasti akan datang kembali.

3. Sopan

Kalo pelanggan udah mulai senang, ingat !! jaga sikap anda untuk tetap Sopan dalam melayaninya. Jangan berkata terlalu keras, jangan nyuekin, apalagi sampe ngambek, waahhhhh pasti ngacir tuh pelanggan.

4. Sigap

Sampai disini pelanggan akan sangat nyaman berkomunikasi dengan anda. Selanjutnya anda harus Sigap. Apa artinya sigap? Anda harus tahu kapan pelanggan dipersilakan duduk atau membutuhkan asbak, membutuhkan segelas air, intinya kalo bisa tanpa diminta pelanggan anda sudah bisa menangkap apa yang harus anda lakukan.

Anda sudah melakukan semua itu, maka anda berhak mendapatkan keuntungan dari pelanggan. Tentunya anda sangat berharap bahwa pelanggan anda tidak datang hanya sekali saja.

5. Silaturrahmi

Maka pastikan Silaturahmi dengan pelanggan. Caranya bagaimana? Anda bisa mencatat contact pelanggan anda mulai dari alamat, no tlp, kantor dsb deh. Nah bila ada produk baru, atau bila tidak ada pun ga salah jika anda mengirim pesan untuk pelanggan anda. Misal anda kirim sms dengan tulisan “ Kami selalu menunggu kedatangan Anda, dapatkan fasilitas istimewa hanya di —–isi perusahaan anda—“.

Ingat yach selalu terapkan 5-S, Senyum, Sapa, Sopan, Sigap, dan Silaturahmi.

2 Responses to "Tips Marketing: Selalu Terapkan 5-S dalam menjalankan Bisnis"

  1. Aftershokz Titanium S - TITanium Arts
    The TITanium Art is a powerful ceramic alloy of copper for ceramic 2017 ford focus titanium used to make ceramic titanium trim hair cutter reviews works. Its unique heat tolerance, the perfect balance surgical steel vs titanium of pure titanium pots and pans heat and $54.99 titanium pan · ‎In stock

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel